PPJK untuk keperluan Ekspor dan Impor Anda

perusahaan PPJK

Apa itu Perusahaan PPJK ?

PPJK (Perusahaan Pengurusan Jasa Kepabeanan) merupakan Perusahaan yang bertindak menyediakan jasa pengurusan tentang formalitas kepabeanan. Dan untuk mendirikan Perusahaan PPJK wajib memiliki izin, tercatat  dan disahkan oleh Bea dan Cukai setempat di samping juga harus memiliki Customs Bond atau jaminan yang berwujud tunai maupun simpanan di bank.

Perusahaan PPJK juga badan usaha yang melakukan kegiatan pengurusan pemenuhan kewajiban pabean untuk dan atas kuasa importir atau eksportir. Pengurusan Pemberitahuan Pabean atas barang import atau ekspor dilakukan oleh pengangkut, importir, atau eksportir. Untuk dapat melakukan pengurusan jasa kepabeanan, Perusahaan PPJK wajib memiliki nomor identitas berupa Nomor Pokok Pengusaha Pengurusan Jasa Kepabeanan (NPPPJK). Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor  63/PMK.04/2011 tentang Registrasi Kepabeanan. Dan PT. Berdikari Cipta Logistics tentunya sudah terdaftar dan disahkan oleh Kantor Bea Cukai.

 Dasar Hukum :

  1. Undang Undang Nomor 10 Tahun 1995
  2. Undang Undang Nomor 17 Tahun 2006
  3. Keputusan Menteri Keuangan Nomor 65/PMK.04/2007 tanggal 20 Juni 2007 tentang Pengusaha Pengurusan Jasa Kepabeanan.
  4. Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor P-22/BC/2007 tanggal 4 Juli 2007 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pemberian Nomor Pokok dan Pengawasan Pengusaha Pengurusan Jasa Kepabeanan.

 

PPJK yang akan melakukan registrasi harus memenuhi persyaratan :

  • Kejelasan dan Kebenaran alamat PPJK
  • Kejelasan dan kebenaran identitas pengurus dan penanggungjawab PPJK
  • Mempunyai ahli kepabeanan
  • Kepastian penyelenggaraan pembukuan

 

Untuk dapat memulai kegiatan pengurusan jasa kepabeanan, PPJK yang telah mendapatkan Nomor Pokok PPJK harus terlebih dahulu menyerahkan jaminan kepada Kepala KPPBC yang wilayah kerjanya membawahi domisili PPJK. Bentuk Jaminan dapat berupa :

  • Jaminan Tunai
  • Jaminan Bank dan atau
  • Jaminan dari perusahaan asuransi

 

Lalu kenapa Anda harus memakai jasa Perusahaan PPJK ?

Setiap perusahaan mungkin mampu melakukan hubungan dagang secara langsung dengan perusahaan di luar negeri untuk mengimpor ataupun mengekspor barang. Tapi tidak semua perusahaan mau/bisa melakukan kegiatan ekspor dan impor secara sendiri. Salah satu alasan yang paling sering dikemukakan adalah karena sulitnya proses penyelesaian kewajiban kepabeanan dalam kegiatan impor atau ekspor di Negara lain maupun di negara Indonesia.

Proses penyelesaian kewajiban kepabeanan, atau yang sering disebut customs clearance, adalah serangkaian kegiatan yang harus dilakukan badan usaha yang melakukan kegiatan ekspor atau impor barang. Proses penyelesaian kewajiban kepabeanan  sangat sulit, berbelit-belit dan rumit, Namun tidak demikian dengan pendapat dari orang-orang yang sudah ahli dibidang tersebut, mereka menganggap bahwa proses penyelesaian kewajiban kepabeanan adalah kegiatan yang sangat mudah, cepat, transparan, terbuka, efektif dan efisien.

Bagi pengusaha yang ingin mengembangkan usaha dan melakukan kegiatan ekspor atau impor sendiri, tetapi masih ragu atau belum mampu menyelesaikan sendiri urusan penyelesaian kewajiban kepabeanan,  dapat meminta bantuan dan asistensi kepada Perusahaan PPJK untuk menyelesaikannya.

Layanan PPJK Terpercaya.